Tingkatkan Kualitas, Asosiasi Ilmu HI Buat Standar Kurikulum

Program Sarjana Deparemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional indonesia (AIHII) menyelenggarakan Lokakarya Nasional Kurikulum Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Jenjang Sarjana yang bertempat di auditorium Juwono Sudarsono.

Hadir dalam lokakarya tersebut 40 pimpinan program studi Ilmu Hubungan Internasional dari berbagai perguruan tinggi negeri mau pun swasta dari seluruh Indonesia. Perguruan tinggi yang turut berpartisipasi antara lain Universitas Indonesia sebagai tuan rumah, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Madah, Universitas Padjadjaran, Universitas Mulawarman, Universitas Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Hasanudin, Universitas andalas, Universitas Cendrawasih, dan lain-lain.

Tujuan diadakan lokakarya ini adalah untuk menyusun standar dalam kurikulum ilmu Hubungan Internasional di Indonesia, khususnya berupa capaian pembelajaran program studi yang disesuaikan dengan Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI) yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain itu juga, lokakarya ini juga diupayakan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran ilmu HI di Indonesia agar dapat menghasilkan lulusan sarja yang mampu menjawab kompleksitas tantangan global.

Untuk memenuhi tujuan di atas dihadirkan juga beberapa perwakilan korporasi seperti Pertamina, Sari Husada, dan IBM Indonesia. Dari pemerintah hadir perwakiland ari Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Luar Negeri, Kementrian Perdagangan, dan Pemerintah Daerah.

“Peran perguruan tinggi untuk menghasilkan ilmuwan dan praktisi hubungan internasional yang unggul adalah salah satu kunci penting untuk memenangkan Indonesia di dunia yang sedang berubah ini. untuk itu, kurikulum yang baik adalah sebuah keharusan dalam pengajaran ilmu Hubungan Internasional di tanah air”, tutur Nurul Isnaeni, Ketua Pelaksana yang juga Ketua Program Sarjana Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI.

Kegiatan lokakarya ini dijadwalkan akan berlangsung selama 2 hari yakni hari ini Selasa (3/6) dan Rabu (4/6) dan diakhiri dengan acara makan malam di Kantor Direktorat Pendidikan Tinggi. (anbf)

 

sumber : http://depoktren.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*