Rapat Kerja Pengurus AIHII 2017-2020 Berlangsung di Yogyakarta

Pengurus Pusat AIHII Periode 2017-2020 mengadakan Rapat Kerja di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada tanggal 7 – 8 Desember 2017.  Rapat Kerja yang diikuti oleh seluruh jajaran pengurus pusat AIHII dan Dewan Pengawas ini membahas rencana program kerja hingga 2020, sesuai mandat dan rekomendasi forum Konvensi Nasional VIII AIHII yang berlangsung di Samarinda pada bulan Oktober 2017.

Ketua Umum PP AIHII, Dr. Yusran, dalam sambutannya mengatakan bahwa Rapat Kerja yang berlangsung di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini merupakan momentum yang bersejarah. “Disinilah pada tahun 2009 lalu untuk pertama kalinya AIHII dideklarasikan,” kata Yusran.

Rapat kerja membahas kegiatan-kegiatan utama yang akan dilaksanakan oleh Pengurus AIHII, yang terbagi dalam empat bidang utama, yaitu:

  • Kurikulum dan Pembelajaran,
  • Riset, Publikasi Ilmiah, dan Pengabdian Kepada Masyarakat
  • Kerja Sama dan Pengembangan
  • Pengembangan Komunitas Epistemik HI

Selain itu, Rapat Kerja juga menyepakati beberapa keputusan sebagai tindak lanjut dari rekomendasi Konvensi Nasional, antara lain: persoalan gelar bagi alumni program sarjana hubungan internasional, melaksanakan beberapa kegiatan untuk penyamaan persepsi berkaitan kurikulum, peningkatan kerja sama dengan mitra-mitra dalam dan luar negeri, serta perlunya mengadakan standarisasi pelaksanaan konvensi nasional yang merupakan kegiatan tahunan asosiasi.(*)